Fakta Menarik Tentang China🇨🇳 - Journal of the Week

Sebagai mahasiswa asing di negeri tirai bambu, tentu saja banyak sekali hal baru yang saya dapatkan tentang China mulai dari budaya, bahasa, gaya hidup, kepercayaan, habit, dan masih banyak lagi. Ada hal-hal yang benar-benar baru saya ketahui setelah datang kesini, ada pula hal-hal yang sering saya dengar di Indonesia tentang China namun berbeda dengan kenyataan setelah melihat langsung disini. Di post kali ini saya akan menceritakan beberapa fakta menarik yang saya dapatkan saat kuliah di Cina, check it out

Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal
Xinjiekou


1. China Is Not That Dirty
Sebelum saya datang ke China, awal gambaran saya tentang China adalah kotor, kumuh dan tidak enak dipandang saking banyaknya penduduk. Namun setelah saya datang langsung ke Negara ini, pandangan saya langsung berubah! Ternyata China tidak sekotor Indonesia. Mungkin iya, ada beberapa daerah yang terlihat kumuh di China, namun soal kebersihan, saya rasa China tidak sekotor itu. Thought? Comment below😆

Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal
Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal


2. Tinggal di Apartment
Jika jalan-jalan menggunakan kendaraan seperti metro dan taxi, maka temen-temen akan menyadari bahwa China dikelilingi oleh apartment yang menjulang kemana-mana. Bahkan, bisa dibilang saya hampir tidak pernah melihat rumah-rumah seperti di Indonesia, apalagi kompleks perumahan di pinggir jalan. Ya, menurut yang pernah saya baca, pemerintah China memang sengaja menggusur semua rumah-rumah kecil dan menggantinya dengan apartment. Mungkin tujuannya agar China menjadi lebih rapih dan tertata, serta untuk memaksimalkan tanah yang mereka miliki.

Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal
Gedung-gedung apartment yang memenuhi pemandangan sekitar jalan


3. Serba Cashless
Kalo yang satu ini mungkin tidak begitu wow bagi orang Indonesia karena kita pun sudah mulai menerapkan pembayaran melalui e-cash. Namun, apa yang disebut serba cashless di China adalah benar-benar serba cashless🤯. Semuanya dibayar dengan Alipay dan Wechat Pay, bahkan beli sayur di pasar dan membayar pengemis saja menggunakan Alipay dan Wechat Pay. Saya benar-benar tidak punya duit cash disini. Semua ada di akun Alipay dan Wechat pay saya. Mungkin ini juga salah satu alasan China bisa segera pulih dari Coronavirus, karena tidak ada kontak sama sekali dengan uang kertas, yang menjadi salah satu sarana datangnya virus tersebut.

4. China Toilet Nightmare😱
Yang ini sih saya rasa semua sudah pada tahu. Tidak ada air dan tissue didalam toilet di China! Mungkin inilah alasan kenapa dikatakan mimpi buruk. Satu-satunya air yang disediakan hanyalah air untuk flush. Makanya jika hendak ke toilet, jangan lupa membawa tissue sendiri... walaupun sangat berbeda dengan budaya Indonesia kalo (maaf) habis buang air harus siram pake air, disini hanya di lap menggunakan tissue, dan yang lebih nightmare adalah tong sampah membuang tissue tidak memakai tutup. Jadi kita bisa melihat jelas sampah-sampah bekas milik orang lain. Cukup eww bukan? Namun kadang ada juga kok, toilet yang memiliki fasilitas air walau hanya ada di tempat-tempat tertentu seperti hotel, meeting room dan beberapa resto ternama.

5. Atheist
Dulu awalnya saya kira, China adalah penyebar agama Budha. Karena di Indonesia orang-orang keturunan Tiongkok rata-rata memiliki agama Budha, saya jadi melabel agama ini untuk semua orang China, terutama negeri Tirai Bambu ini. Ternyata dugaan kecil saya salah. Disini hampir semua orang tidak memiliki agama. Teman lokal asli China saya pernah bercerita bahwa mereka hanya boleh memiliki satu kepercayaan, yaitu kepercayaan kepada Pemerintahnya oleh sebab itu jika ada orang yang memiliki agama, orang tersebut tidak boleh bekerja di instansi pemerintahan karena secara tidak langsung dia sudah tidak percaya kepada pemerintahan. Sungguh komunis kan??? Akan tetapi....... Ada satu hal yang saya suka dari China. Walaupun mereka tidak memiliki agama, namun tingkat toleransinya sangat tinggi! Banyak gereja dan masjid dibangun di China, karena mereka ingin membuat tourist asing tetap memiliki sarana ibadah ketika datang kesini. mungkin benar apa kata orang. Walau agamanya sudah paling benar, tapi kalau memang karaktermu dan atitude nya jelek dan tidak ada kemauan untuk berubah, we're all just become the same, right?


Salah satu dari beberapa masjid yang ada di Nanjing

Gereja Katedral St Imakulata di Shanghailu



6. Tiap Keluarga Hanya Boleh Memiliki Satu Anak
Karena China terhitung memiliki banyak jumlah populasi, maka sejak tahun 1999 (cmiiw) pemerintah China mulai menetapkan peraturan pembatasan jumlah anak, yaitu satu anak tiap keluarga, dan tambahan satu lagi bila anak pertama bukan laki-laki. Kenapa laki-laki? karena kata laoshi saya jumlah perempuan di China lebih banyak! wow. Yang penting jangan ada peraturan boleh poligami aja sih, hehehe😅

7.  VPN!!!!!
Di bold, capslock dan diberi tanda seru karena ini salah satu hal yang sangat wow di China. Disini, tidak ada akses internet untuk semua media sosial baik instagram, twitter, facebook dan juga google. Semua website dan media sosial dari luar negeri China akan di banned, kecuali yang sudah membuat kesepakatan dengan China. Alhasil jika ingin main ke China jangan lupa vpn mode on, jika tidak ingin merasakan hidup seperti orang Cina.

8. Punya Platform dan Aplikasi Sendiri 
Berkaitan dengan fact nomor 7, karena semua website dan sosial media luar negeri ditutup, jelas pemerintah Cina harus menciptakan hiburan mereka sendiri. Apa saja tuh? Douyin (Tiktok), weixin (Wechat), QQ, Taobao, dan masih banyak lagi, dan mereka cukup bahagia akan hal tersebut.



9. Tidak Ada Libur selain Hari Libur China
Ya, sedihnya saat kuliah di China adalah, jika ada perayaan besar keagamaan seperti Natal, Paskah, Lebaran dan tahun baru, masyarakat China tidak ada yang merayakan sehingga tidak ada libur. Pengalaman tersedih ketika natal saya tetap kuliah dan sedang ada ujian pada saat itu😭 . Walaupun begitu, mereka tetap 'secara tidak langsung' merayakan kok. Banyak hiasan dan ornamen natal dipasang dimana-mana dengan lagu-lagu natal dan suasana kerlap kerlip malam natal. Lucu ya Negara ini?

10. 人山人海
人山人海 merupakan sebuah pepatah yang sering kali didengar ketika berada di China yang artinya people mountain people sea, sangat ramai. Negeri ini ramai terutama ketika sedang ada perayaan besar China seperti Mid-autumn festival, imlek, dan national day karena selama ini mereka hanya tinggal di apartment dan sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga ketika ada libur semua orang akan langsung memanfaatkan waktu untuk keluar apartment dan mencari hiburan.

11. Libur hari Nasional Terpanjang Selama Satu Minggu
Walaupun jarang ada libur, tapi di China sekali ada libur, liburnya nggak main-main! Yap, Hari kemerdekaan China dirayakan selama 1 minggu penuh! Asyik banget nggak tuh. Tapi disaat-saat seperti ini, akan lebih baik bila berada dirumah saja karena akan banyak sekali orang lokal yang keluar dan mencari hiburan.

12. Budaya Belanja Online!!!!
Nomor 12 merupakan yang paling saya suka di China. Hampir tiap hari tiap jam saya membuka platform belanja online China yaitu Taobao dan Pinduo duo. Kenapa orang  China suka sekali belanja online? Karena harganya sangat murah. 50% lebih murah dibanding ketika harus berbelanja langsung. Yang kedua, tidak ada delivery fee sama sekali. Di China saya hampir membeli semua barang dari Online; dari perlengkapan dormitory sampai pakaian sehari-hari. Online shop disini memang secandu itu.


Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal
Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal


13. Mahalnya Harga Durian
Karena durian masih langkah di China, harganya pun menjulang diatas awan. Karena banyak penduduk lokal yang sangat suka dengan durian, banyak yang memanfaatkannya dengan membuat bisnis seperti kue, sejenis cheese cake, dan juga bakpia dengan rasa durian.


Fakta Menarik Tentang Cina - Monica Maharani Sitompul | Rsjournal


Itulah beberapa fakta menarik yang saya temukan di China. Banyak sekali hal-hal baru yang saya dapat disini dan menjadi pengalaman yang pastinya sangat berkesan, ada juga beberapa hal yang selama ini beda dari sudut pandang saya selama ini. Sepertinya memang itulah fungsi dari merantau jauh ke negeri orang; menemukan berbagai macam suku, agama, budaya, dan ras yang berbeda. Dari situ kita akan menemukan kehidupan yang penuh warna, tidak sesederhana hitam dan putih saja. Thank you for reading this blog and have a good day❤️✨







Rs2020.
All Right Reserved.

3 komentar

  1. Nomor 4 bikin menganga🤯🤢

    ReplyDelete
  2. Tulisannya enlighten sekali, Monica! Thank you so much for sharing this! Sejak ke Yunnan akhir tahun lalu, saya jadi selalu curious soal Cina dan penasaran sedinamis apa hidup di negara sebesar ini. Misalnya gini, banyak orang bilang Cina itu jorok. Ituuu aja terus diheboh-hebohin. Padahal Cina is way more than toiletnya.

    Yg kaget soal atheis ya. Karena saya gak bisa ngobrol sama orang Cina jadi gak bisa banyak tanya. Ternyata komunismenya juga ada paksaan soal gak beragama.

    Terus aplikasi Douyin ini yang suka dipake bikin drama-drama pendek a la sinetron gitu gak sih? Hahahaha. Seriiing banget lihat di instagram ada igtv orang Cina drama-dramaan yg bulying lah, yg selingkuh lah, yg kaya miskin lah, lucu abis hahahaha.

    ReplyDelete