Cara Agar Bisa Berpidato Dengan Baik dan Menjadi Juara

Apakah teman-teman senang mengikuti lomba berpidato baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris? Jika iya, berarti kalian sama seperti saya. Saya senang sekali mengikuti lomba-lomba tersebut, yang akan membentuk kepribadian saya menjadi seorang public speaker. Tapi disisi lain, saya tidak pernah menginjakan kaki di posisi juara. Rasanya semua yang saya lakukan dari awal adalah wasting time alias buang-buang waktu. Semua usaha saya dan kepanikan saya yang saya rasakan tidak terbayar. Saya hanya bisa menyentuh posisi final, tapi tidak bisa menjadi juara.

Then, I figure it out. Alasan kenapa saya tidak bisa menjadi juara. Karena saya tidak memperhitungkan lomba ini dengan matang. Saya kurang banyak latihan, dan tidak menguasai materi dengan baik. Betapa bodohnya saya. Oleh sebab itu, aga tidak ada lagi yang mengikuti jejak bodoh saya, berikut ini saya postingkan cara agar bisa memenangkan lomba Pidato.
Cara Agar Bisa Berpidato Dengan Baik dan Menjadi Juara


1. Kuasai materi yang akan disampaikan
Ini adalah tahap yang paling penting sebelum kalian melakukan tahap lainnya. Sebaiknya kita menguasai dulu materi yang akan kita sampaikan sebelum kita melatih hal lainnya. Kenapa saya katakan ini paling penting? Karena percuma sekali bila kita sudah menguasai mimik dan gesture, namun materi yang di sampaikan masih tersendat-sendat dan tak dikuasai. Menguasai materi ini maksudnya adalah materi yang kita sampaikan sudah kita kuasai diluar kepala, tanpa terlihat seperti menghafal.

2. Memberikan Gesture Tubuh, mimik serta Intonasi yang Tepat
Setelah kita menguasai materi yang akan disampaikan secara betul-betul dan mendalam, kini saatnya kita berpindah ke tahap selanjutnya yaitu memberikan gesture tubuh, mimik serta intonasi yang tepat. Coba bayangkan jika saat berpidato kita tidak bergerak dan tidak memberikan gesture tubuh serta intonasi? Sudah pasti pidato yang kita sampaikan tidak menarik orang dan tidak persuasif. Jadi kita harus bisa memberikan gesture tubuh, mimik serta intonasi yang tepat agar pidato kita bisa menarik orang. Hentikan gerakan-gerakan tangan dan badan yang tidak perlu. Tapi sekali lagi, jika kita betul-betul menguasai materi yang disampaikan, kita pasti tidak akan gugup dan mengeluarkan gesture yang tidak perlu.



3. Kuasai Grammar (Jika berpidato bahasa Inggris)
Jika berpidato berbahasa inggris, sangatlah perlu untuk kita untuk memperbaiki cara berbicara kita. Kita harus memperbanyak vocabularies kita agar tidak salah dalam menyebutkan. Semakin baik kita berbicara, semakin baik score yang kita dapat.

4. Percaya Diri
Langkah terakhir, percaya diri. Ini adalah kunci dari segalanya. Jangan ragu untuk memberikan penampilan apapun yang telah kalian latih. Kita harus menjadi semakin ekspresif dan tidak terlihat ragu. Biasanya kepercayaan diri orang juga tergantung atas penguasaan materinya. Kita akan percaya diri jika kita sudah menguasai materi secara benar-benar.



Itulah cara ampuh dari saya agar bisa berpidato dengan baik dan menjadi juara berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga saja artikel ini dapat berguna untuk teman-teman sekalian.
Jika ada pertanyaan serta pendapat, feel free to comment ya nanti akan saya balas. Danke.





2 komentar