Asrama, Why not? Best Moment Ever | Asrama Trenggono🌸


Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul

Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Carollusan chicken dinner :p
Asrama? Oh no. I'm pretty sure asrama bukan kata yang menarik bagi beberapa orang. Tempat dimana anak-anak harus tinggal terpisah orang tua tentunya dan dididik dengan disiplin dan aturannya sangatttt sangat ketat. Bangun pagi, beres-beres, no phone, no happiness, no LIFE! Yap, ini emang kurang lebih gambaran tentang asrama guys and i know that u guys pasti berpikir bahwa hidup di asrama itu nggak ada happy happy-nya sama sekali. Well, that's kinda true thou. Aku nggak mau bilang itu salah, but guys, lemme tell you something that you've might never know: My dormitory, asramaku ini beda. 


1st Year in Asrama: Hell Stage.

Jadi setelah lulus SMP, karena aku merantau jauh dari Timika ke Jogja dan sekolah di SMA Stella Duce 2, my mother decided to SEND me to this dorm. Namanya Asrama Trenggono, asrama Katolik yang letaknya di Jl. Dr. Sutomo No. 22B, sebelah utara SMA stero. Awalnya aku kira kehidupanku yang fana ini akan berakhir begitu saja setelah masuk asrama, dan Yas, memang benar guys. Asrama tahun pertama is very hard. Susah bingits.
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
St. Nathalia, My First Unit!
Ya namanya juga ASSrama ya guys, pasti banyak banget aturan. Nggak boleh masuk unit orang, nggak boleh pulang telat, nggak boleh seenaknya, mandi harus nge-tag dulu, dan tiap asrama juga pasti ada aturan untuk hormat dan sopan sama kakak kelas dan kalo ngelanggar, bisa-bisa kena labrak satu angkatan kakak kelas!. Kalo soal sopan dan hormat sama kakak kelas ini nggak terlalu jadi masalah buat aku, tapi pada tahun pertama yang aku rasain hanya homesick. Kangen rumah kangen mama kangen papa. But that's oke guys, selama kamu punya anggota unit yang baik dan support kamu, kamu pasti bisa menjalaninya. Lho, anggota unit itu apa? Yak, jadi pas aku masuk asrama, aku dapat Unit Nathalia. Jadi unit itu kamar dan satu kamar isinya 8 orang. 2 kakak tingkat kelas 12, 3 kakak tingkat kelas 11 dan 3 adik tingkat kelas 10. Jadi singkatnya aku punya dua teman seangkatan dikamarku tahun pertama, tapi sayangnya mereka berdua pada nggak betah dan memutuskan buat keluar asrama, jadi aku sendiri :(((.
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Kiren Sweet 17
Tips buat temen yang lagi di tahun pertama adalah, CARI TEMAN SEBANYAK MUNGKIN. Kalo di asrama tahun pertama aja kamu udah susah nyari teman, huh goodbye then tahun kedua sama tahun ketiga. Kamu bakalan ga betah di asrama tanpa temen. Terus tips yang kedua: Sopan sama kakak kelas. sebenarnya salah satu faktor orang gak betah tinggal di asrama itu karena kakak kelasnya. Tapi, selama kita bisa sopan dan hormat sama kakak kelas, mereka juga nantinya bakalan respect sama kita guys, so dont worry.



2nd Year in Asrama: Uprising Stage!


Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
HAORNAS
yAszZ! Di second stage ini bisa dikatakan stage yang ada ditengah-tengah. Disini emang stage yang bisa dibilang rada di ambang-ambang... Ada kalanya kita selo, merasa bebas, merasa senior karena udah punya adek kelas, eits tunggu dulu. Biar udah ditengah-tengah, kita juga masih punya kakak kelas guis! remember that. Bagiku secara personal, tahun kedua ini emang rumit. Ada kalanya kita ngerasa musuhan sama kakak kelas diatas kita karena mereka kelihatan 'sok-sok' didepan adek kelas baru, bisa juga karena kita ngerasa mereka lebih deket sama adek kelas dari pada sama kita. Hmm, gimana tuh ya? biarpun begitu, tetep tanamkan 1 prinsip ini dalam batin kalian: Be nice to everyone. Cari temen sebanyak mungkin. Buat mereka nyaman. Dengan punya banyak teman dan relasi, kita jadi punya banyak feedback positif guis, dan ini bisa membuat kita dikenal baik di kalangan anak asrama. Dan satu lagi nih guis yang paling penting: Jangan pernah lupa nyapa kakak kelas.
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Santa Imakulata, YEY!
Dari pengalamanku waktu kelas 2, temen-temenku (kadang juga aku) jadi makin males nyapa kaka kelas 12nya, padahal harusnya kita tetep nyapa wuahaha. Serba salah sih emang, tapi emang dari tahun ke tahun kodratnya udah kayak gitu :( tinggal pandai-pandainya kita aja baik-baik depan kaka kelas biar tetep selamat sampai dunia akhirat. Oh ya, di kelas 11 ini aku kedapatan unit St. Imakulata. Kakak kelasnya ada Kak Nia si kakak yang periang, Ka Tasya yang baikkkkk bangett, terus teman seangkatan ada Kadek si k-poppers dan Ibeth Alayers (ahaha sorry not sorry bethhh), terus adek-adek kelasque, Regin yang paling ceria saking cerianya jadi agak gajelazzz, Biel adik apartemen tercintaa yang paling rajin dan pembersih (maafkeun kakak apartmentmu yang pemalas ini ya nak :s) dan Novi yang sungguh sungguh sungguh pendiam dan jujur aku masih belum bisa memecahkan dia hahhaa. Ya singkat cerita im happy to be there, di St. Imakulata walaupun pas semester akhir aku sering nginap dan kabur ke St. Goretti. Sorry Imakulata :(


Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Lengan begal :( Ini jaman kelas 2 naik kelas 3 nih wahaha
Baca Juga: Event HAORNAS Asrama TRENGGONO

3rd Year in Asrama: Victorious Stage

YES. THIS IS IT. THE MOST FANTASTIC STAGE IN MY DORM-LIFE. Disini aku ngerasain posisi bukan hanya sebagai senior yang paling senior, tapi juga sebagai KETUA A$$RAMA, bayangin nggak tuh seberapa diseganinya diriku #eakkkk.. Nggak nggak nggak, just kidding.
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
With sahabat seperjuangan pas welcome party!


Terlepas dari jabatanku sebagai ketua asrama, di kelas tiga ini aku ngerasa 100% berkuasa, karena nggak ada lagi yang ditakuti. Apalagi kalo semua teman-teman angkatan punya otak yang sama. Mandi pagi jam setengah 7, malemnya kabur nggak ikut doa, hari sabtu harusnya balik jam 8 malem kita gas ampe jam 9 malem, jam belajar suka kabur ke kamar, pokoknya banyak banget deh kejadian seru. Dikelas 3 ini juga aku ngerasain gimana rasanya diteriakin suster Renata sampe didengar seluruh asrama. "RANIII, ACHAA!!! SUDAH JAM BERAPA INI!??!! SAYA TIDAK SUKA YA TEMAN, KALIAN SEENAKNYA MENTANG-MENTANG SUDAH KELAS 12 TIDAK IKUT DOA PAGI!" baru aja sedetik saat Sr. Renata manggil namaku sama nama Acha, aku langsung bangun sigap dan ngikutin semua perintahnya. LITERALLY SEMUANYA, berasa kayak anak akademi kepolisian. Tapi kadang kala juga di kelas 12 ini ngerasa benci banget ama anak kelas 11 yang udah berlagak senior. Ya seperti yang aku rasain di kelas 11 juga sih. Emang sudah kodratnya
Ziarah ke Ambarawa, KANGENN
kelas 11 sama 12 gak bisa akur. Ada lagi moment paling tak terlupakan pas aku sama Kinoy buat adek kelas keluar asrama dan pindah sekolah karena takut sama kita berdua hahahaa. Sebenarnya awalnya itu cuma masalah antara Kinoy sama adek itu sih, cuma karena aku ngerasa makin lama makin nggak bener, akhirnya aku jadi ikut-ikutan deh hahaha. Akhirnya dia yang awalnya nyari gara duluan nyalinya menciut dan langsung kabur. Heuh untungnya sih angkatanku sangat-sangat supportive dan mendukung kita melewati masa-masa berat ini hahaaha, begitulah. Pada masa ini juga aku semakin merasakan yang Namanya pertemanan, kekompakan, solidaritas dan juga good circle. Sumpah, bahagia banget bisa ketemu makhluk kocak dan bolot seperti mereka semua di asrama Trenggono. Seru dan hangen tentunya, sample gabisa Aku deskripsikan Dengan kata-kata. Kangen masa-masa itu, tapi syukurnya kami semua masih saling kontak-kontakan dan tentunya masih tetap gila Seperti dulu, ada yang tambah gila malah hahaha❤️.

Oh iya, di tahun akhir ini aku kedapatan unit St. Quentine, yang letaknya di bawah dan tepat didepan biara. Hmm kebayang ga tuh aktivitas kita selalu dipantau sama big bos a.k.a Sr. Renata? Jadi anggota kelas 12 ada Acha yang otaknya sama-sama bolot kayak aku, terus ada Inri yang kayaknya hidupnya bahagia terus dan ga pernah stressss. Lalu kelas 11 nya ada Regin (LAGI, yah bosen bet ketemu ni anak selama 2 tahun wkwk), terus ada Yola yang hobi cerita trus suka bagiin milo yang udah di setrika hahhaa dan yang terakhir ada Octa si mak batak yang datar-datar lucu. Terus kelas 10 nya ada Taroo, adek apartmentku yang suaranya bagoees tenan sampe kalo dia nyanyi diatas tempat tidurku aku suka gumun sendiri koq ada suara sebagoes itu (oke siap) lalu ada Sonya naG bAskeT stero yang anaknya heboh pisan. Pokoknya unitku selalu keren-keren dan ketjeh-ketjeh. Di St. Quentine juga kita menang lomba Halloween juara 1 hahaha lumayan dapet puluhan cokelat cadbury sama dove (otw karies gigi).
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Jadi theme Halloween kita: Western Ghost. Ada yang bisa nebak aku yang mana? hehehe



Ya guys, jadi pengalamanku tinggal di asrama kurang lebih begitu. Banyak banget kejadian seru yang ga bakalan bisa aku lupain di asrama. Hidup di asrama sudah mengajarkanku banyak hal. Susah sedih tinggal disini pasti ada, tapi yang yang menjadi tantangan adalah bagaimana teman-teman mengubah perasaan susah dan sedih menjadi kebahagiaan bersama. If only i could turn back time, i miss this vibe so much. Bahkan aku lebih milih tinggal di asrama dari pada harus sekolah. i love dorm more than school. Ga ada yang lebih membanggakan selain punya pengalaman tinggal diasrama, dan yang paling aku senang adalah fakta bahwa aku berhasil stay di asrama selama 3 tahun. Banyak yang nggak betah dan keluar. Puji Tuhan meh and my squad are as hard as rock dan kita sungguh tahan banting wahahaha. Sekian tulisanku tentang asrama, yang dibuat hanya sekedar untuk pelepas rindu. Intinya, I MISS U DORM beserta semua kenangan pahit dan manis yang telah kutelan bulat-bulat. Terima kasih telah membentukku sebagai seorang pribadi yang tangguh. I am a Proud Trenggoners. 2018
 
Asrama Trenggono | Monica Maharani Sitompul
Perpisahan terakhir sebelum menuju dunia yang lebih berat. Goodbye Dorm! i will always miss u hehehe


0 komentar