Linux? Apaan tuh? | Kelebihan dan Kekurangan Linux


Jadi, ceritanya di post saya sering saya sertakan screenshoot dari laptop saya. Terus beberapa orang ada yang pernah nanya sama saya...


"Eh itu tampilan laptopnya MAC OS bukan yaa, kok kayaknya ia tapi bukannn?.."

Lalu saya ketawa-tawa sendiri. EMANG sih tampilan laptop saya saya bikin mirip-mirip sama OS. TAPI INI BUKAN OS. Terus apa dong? 
Ya kalo temen-temen penasaran tampilan laptop saya, ni deh saya tunjukin.


Linux? Apaan tuh? | Kelebihan dan Kekurangan Linux
Tampilan Linux punya sayaa..


So, laptop saya saya pakaikan sistem Operasi LINUX. 



Apaan tuh sistem operasi LINUX?

Jadi, sistem operasi itu adalah perangkat lunak yang ada di dalam komputer yang bertugas untuk mengontrol semua program di komputer. Yang saya tau, sistem operasi itu ada tiga, Windows, iOS, dan LINUX.
Nah, jadi yang saya pakai adalah linux. (oh Ya, btw artikel ini is #notsponsored yaaa alias aku bikin sendiri).


Kok Bisa pake LINUX? 

Yup, jadi saya punya cerita singkat. Waktu awal beli laptop, memang saya langsung mendapat sistem operasi di dalamnya yaitu Windows, tapi Windows yang palsu alias abal-abal. Awalnya sih saya biasa aja karena saya kira sistem operasi palsu nggak terlalu berpengaruh untuk laptop saya, paling cuma beda license nya gitu. Tapi lama kelamaan, laptop saya jadi sering macettt..cett..cett.. dan lebih parahnya lagi kadang suka mati sendiri. Karena panik terjadi apa-apa sama laptop saya, saya akhirnya menanyakan hal ini ke guru MTK saya yang jago IT (Namanya Pak Browibowo, Baik banget sumpahh walau rada nyeselin) habis itu dia bilang kalo Windows saya is not genuine dan nyaranin buat ganti linux. Hmmm..

Awalnya pas dia nyaranin saya ga langsung mau, karena udah terlanjur sayang ama windows.. Jadi suatu hari saya nanya temen saya seputaran Windows asli, dan saya sangat kaget pas tau ternyata harga install Windows yang asli sampai sejutaaa >_<

Akhirnya saya memutuskan untuk mengubah Windows jadi linux, tanpa pertimbangan. Saya minta tolong pak Bro yang kala itu emang senang mempromosikan linux ke semua murid-muridnya. Memang sih dia bilang banyak banget keuntungan pakai linux. Tapi kita semua nggak akan tahu sebelum mencoba, yakkannn? Dan setelah mencoba, OMG SAYA SUKAAKKK.... I LOVE LINUX. Tenks ya Pak Bro, jasamu takkan kulupa.


Terus, apa yang bikin suka+Betah sama LINUX?

Banyak banget hal yang bikin aku suka sama linux, tapi ada juga beberapa kelemahan LINUX yang nggak aku sukaa. jadi daripada penasaran, mending aku jelaskan, kelebihan dan kekurangan linux. Check it out!



Kelebihan+++

1. LINUX is Easy!

Yup, dibanding iOS dan Windows, LINUX emang yang paling gampang dan paling nggak ribet. Pokoknya, tampilan dari linux itu gak neko-neko deh kayak tampilan windows dan iOS. Tapi ya itu tadi, ada beberapa 'oknum' yang bilang kalo pake linux itu ribet dan lebih susah. Interrupsi ya gengs, sebenarnya LINUX jauh lebih mudah dari yang lain apalagi windows, tapi karena kita udah terbiasa disuguhi oleh windows, kita jadi lebih terbiasa sama itu dan gak mau mencoba yang lain :)

2. LINUX is an open source, guys!

Open source, apaan itu?
Open source itu artinya terbuka bebas ya gengs. SO ini bisa memungkinkan kita untuk mendownload semua aplikasi dari windows maupun iOS sekalipun. ibaratnya SO hp, linux ini kayak android yang gak ada limitasinya. Kita bisa mainin aplikasi windows, windows belum tentu bisa mainin aplikasi kita, hebat keuunnnn??


3.  LINUX nggak berat dan nggak suka Cekett!!

Pasti semuanya udah pernah ngalamin yang namanya laptop ceket alias kesangkut-sangkut alias macet. Yup, apalagi windows nih guys, minta ampun deh kalo itu. LINUX itu dikenal sangat ringan dan nggak makan banyak memory guys, makanya nggak suka ceket ataupun not responding.



4. Banyak Theme untuk di Customize-kan!

Jadi ini nih yang bikin tampilan laptop saya kayak OS. Yap, di LINUX kamu bisa customize theme kamu sendiri, mau kayak android bisa, kayak Mac bisa, kayak windows juga bisaaa, tapi kalo mau tetep original LINUX juga bisa kok hehee.

5. Libre Office Easy and gak Ribet

Libre Office itu ibaratnya Microsoft Office ya guys di LINUX. Yang bikin asik adalah, banyak sekali app Libre Office yang ditawarkan buat kita, apalagi yang banyak tugas nih (anak kuliahan terutama)

LINUX
Libre Office :)




Walaupun banyak kelebihan, tetep aja nih guys yang namanya ciptaan manusia pasti ada kekurangan. Berikut ini 'beberapa' yang menurut aku jadi kekurangan LINUX


Kekurangan - - -

1. App di LINUX nggak se-Mancay WINDOWS

Di LINUX, ada beberapa aplikasi yang menurut aku kurang mancay kayak windows, baik dari segi penampilan maupun segi kegunaan. Tapi, sekali lagi, itulah kegunaan Wine guys, Wine adalah aplikasi yang ada di LINUX yang membuat kita bisa make semua aplikasi windows. Yay!

2. Belum Banyak yang Tau LINUX

Karena jadi minoritas, sedikit orang aja nih guys yang tau sistem operasi ini. Hal ini membuat LINUX keliatan gak populer dan nggak banyak orang yang tau cara pake LINUX. Sedih ya?

3. Linux awal-awalnya Membingungkan

Yup, apalagi yang terbiasa pake windows, emang LINUX awal awalnya membingungkan. Tapi percaya deh, lama-lama pasti terbiasa juga!





Ya guys, jadi itulah story saya seputar LINUX hari ini+ Kelebihan dan kekurangan LINUX. Bagi teman-teman yang ingin mencoba, silahkannn. Rasakan sensasinya pake LINUX. Tapi bagi temen-temen yang windowsnya asli, mending aku saranin ga usah ganti ke LINUX. Why? Soalnya sayang kan, windowsnya udah mahal-mahal, eh malah di ganti ke LINUX yang geratisan wkwkwk. Kalo temen-temen punya pertanyaan seputaran LINUX, feel free to leave a comment ya. See ya in my next Blog.




1 komentar