Kereta Api Tujuan Jakarta-Jogja | Journey of The Week

Naik Kereta Api Tujuan Jakarta-Jogja Cuma 6 Jam! - Journey of The Week Rsjournal

Lelah membakar duit di Kota Jakarta selama kurang lebih 5 hari, saatnya saya menuju perhentian selanjutnya yaitu Yogyakarta.

Oh iya, petualangan Dari Timika - Jakarta via Maskapai Batik Air bisa dicek disini yaa👇🏻

Penerbangan Timika - Jakarta dengan Batik Air Ditengah Pandemi

Awalnya agar cepat dan tidak memakan waktu liburan, saya merencanakan untuk naik pesawat. Namun ternyata banyak sekali pertimbangan yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk naik kereta api saja. Pertimbangannya antara lain:

1. Daerah tempat saya tinggal yaitu kos teman saya terletak di Mangga Besar, jadi akan lebih cepat ke Stasiun daripada harus ke Bandara naik Grab.
  2. Bandara Jogja yang sekarang sudah pindah ke Kulon Progo. Sejujurnya point ke dua ini yang paling bikin saya agak malas pulang/pergi naik pesawat ke/dari Jogja karena bandaranya jauh sekali. Bisa sih naik kereta, tapi tetap saja untuk beradaptasi agak sulit. Saya juga pernah mereview Kereta Api Bandara YIA, bisa cek disini ya➡️ Kereta Api Yogyakarta International Airport
  3. Harga tiket naik kereta api jauh lebih murah daripada Naik Pesawat. Naik pesawat tanggal segini rate sekitar 700ribuan belum termasuk grab ke bandara dan swab tes, sedangkan naik kereta cuma 400ribu eksekutif, sudah termasuk Antigen Swab dari Traveloka. Ke Stasiun Gambir dari tempat saya paling cuma 20 ribu naik grab.
  4. Sekarang Jakarta - Jogja cuma 6 jam!!!! Iya, 6 jam😭😭😭😭

Jujur untuk point ke 4, saya baru tau banget sekarang. Dulu terakhir awal 2020, saya naik kereta Jakarta-Jogja Eksekutif paling cepat 13 jam naik Mutiara Selatan lewat Gambir. Sekarang cuma perlu 6 jam saja. Bahkan jika dihitung-hitung dengan jarak tempuh saya naik pesawat ke bandara Soekarno Hatta dan dari YIA ke Kota Jogja, belum lagi macet, waktu checkin min 90 menit dan delay nya, mungkin estimasi bakalan sama ya kurang lebihnya😅.

Akhirnya here we go, saya membeli tiket TAKSAKA 82 dari Gambir ke Stasiun Tugu Jogja. Harga 435,000 Sudah termasuk Swab Test di Labklin Klinik Kimia Farma Cikini. Untuk Swab optional ya dan terdapat beberapa pilihan tempat mau tes antigen dimana. Untuk harga tiket tanpa Swab test mungkin sekitar 370ribuan ya, tergantung pesannya kapan.

***
Perjalanan saya dimulai jam 7 pagi dinihari. Kereta berangkat pukul 9.10 WIB, namun karena saya masih harus menerawang tempat ini, akhirnya saya cus dari kos teman jam 7 pagi naik grab.

Cari sarapan enaknya dimana?

Sesampainya di Stasiun Gambir, karena masih 2 jam lagi saya memutuskan untuk cari sarapan di daerah stasiun. Satu-satunya tempat yang familiar dan affordable untuk saya adalah: Mcdonald. Akhirnya saya memutuskan untung nongkrong dan sarapan disitu, sekalian menunggu beberapa saat sampai setidaknya jam 8 lewat.

Nasi uduk Mcd, lumayan lah 30 ribu sudah sama hot tea😣

Pertama kalinya mencoba menu breakfast Nasi uduknya Mcd, ternyata not bad lah ya.  Isinya nasi uduk, suiran ayam, telur ceplok dan bawang goreng serta sambal special nasi uduk. Enak sih enak untuk level restoran fastfood begini. Minusnya, sambal nasi uduknya tidak breakfast friendly alias pedes banget saya takut sakit perut nanti ditengah perjalanan. Tapi yasudahlah ya karena saya pecinta sambal sejati + nggak mau rugi orangnya, akhirnya sarapan pagi ini habis tak bersisa. 8/10 untuk sarapannya🤗

Karna sudah bosan duduk di McD dan tempat duduk saya juga diambil secara paksa oleh ibu-ibu (mengsad😄) akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke ruang tunggu. Sedihnya sistem kereta api ini entah kenapa belum bisa paperless, tetep aja saya diharuskan print tiket untuk bisa masuk ruang tunggu, padahal di app Traveloka nya sudah ada barcode dan kode book juga.

Sesampainya di peron Kereta api, saya masih harus menunggu kurang lebih 45 menit sambil menyeruput teh panas dari McD yang tak kunjung dingin. Walaupun bukan musim libur, keadaan di stasiun kereta api ini bahkan dari pagi pun sangat ramai. Jujur, berdiri sambil menunggu dikeramaian orang itu sungguh tidak enak, terutama karena barang saya banyak.

Menunggu itu tidak menyenangkan kawan, apalagi nunggu sambil berdiri😆

Oh iya, kalau kalian naik kereta dengan barang bawaan banyak, please pakai porter yah😞 Sedih banget lihat bapak porter pas dikasih duit 25ribu aja udah seneng banget :( kata bapaknya job nya lagi menurun, soalnya jaman sekarang orang pada kuat-kuat dan mandiri, ga butuh porter lagi. Sedih banget lihatnya, jadi kalau bisa jangan lupa bagi-bagi rejeki dengan cara pakai jasa mereka.

Lanjut, akhirnya masuk kereta. Saya duduk disebelah kiri dekat jendela, dan di gerbon saya setiap deret terisi namun tidak full. Satu bagian kursi saya tidak terisi, akhirnya saya memonopoli semua bagian tersebut. Seneng banget lah, apalagi sedang pandemi, sebisa mungkin jaga jarak dengan orang-orang di sekitar kita ya.

Kereta Api Taksaka 82. Untuk tempat duduk sudah oke, lumayan empuk dan bisa di adjust juga. Menurut saya lumayan luas karena saya tidak harus meletakan koper diatas untuk mendapatkan tempat yang spacious. Disini juga tersedia colokan aktif untuk ngecas hp/laptop, dan tersedia juga meja lipat disamping kursi untuk makan atau meletakan laptop/barang lainnya. Jadi buat yang mau sekalian wfh ala-ala di kereta juga bisa, atau hanya sekedar main hp atau nonton film di laptop. Suhu juga adem, enak buat tidur siang dan mengisi tenaga. Menurut saya, Kereta Api Taksaka 82 dengan harga 350-ribuan untuk waktu tempuh kurang lebih 6 jam sudah sangat worth it dan bahkan lebih dari cukup, mempertimbangkan dari segi kenyamanan, kerapihan, dan kebersihan kereta.

Tempat duduk lumayan luas untuk koper dan 2 tas

Toilenya juga lumayan gede dan bersih bangettt loh. Jujur kaget juga karena toiletnya lumayan luas dan bisa buat foto-foto😆 Boleh lah ya, jadi bahan pertimbangan kalau mau ke Jogja dari Jakarta naik kereta.
See you Jakartaa👋🏻

Mirror selfie di Toilet keretu cuz why not💋