gtag('config', 'UA-111793483-1'); Kereta Api Yogyakarta International Airport - Rsjournal | Journal of Monica

Kereta Api Yogyakarta International Airport - Rsjournal


Ini kali kedua saya berangkat melalui Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo.

Jujur, Bandara ini sangat bagus dan megah, berbanding 180 derajat dengan bandara Adi Sucipto Maguwo, dan dilengkapi dengan pemandangan indah gunung serta laut di kanan kirinya, namun sayangnya bandara ini terletak teramat sangat jauh. Rada malas untuk saya yang notaben nya adalah seorang mahasiswa yang memiliki privilege tinggal didaerah dekat Maguwo yang hanya 15 menit jalan ke arah Bandara lama yaitu Adi Sucipto, dan sekarang harus melakukan effort lebih untuk naik pesawat. 

Saat pertama kali dibuka, bandara ini tentu saja belum memiliki fasilitas Kereta api seperti sekarang. Untuk para travelers tentu saja harus menaiki kendaraan motor/mobil, ataupun taksi dan bus ke arah bandara, yang jauhnya kalau tidak salah dari tempat saya yang berada di Babarsari - Sleman, sekitar 40KM. Lumayan jauh ya bund, hampir seperti jauhnya Jogja-Solo😅.


But Thank God, saat kedua kalinya saya berangkat melalui Bandara YIA, saya tidak perlu harus bersusah payah menggunakan kendaraan pribadi yang memakan waktu lebih lama karena akhirnya, sudah ada kereta api Khusus menuju ke Bandara ini. Lets talk about it!

Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal



Saya memesan tiket melalui aplikasi KAI Access. Sebenarnya untuk pembelian tiket dari dan menuju Bandara bisa OTS melalui stasiun TUGU Yogyakarta, namun karena saya tidak mau ribet mencari loket dan mengantri, maka saya memutuskan membelinya secara online.

Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal
Aplikasi KAI ACCESS

Untuk cara belinya sendiri mudah sekali; 
- Buka aplikasi KAI Access & Login 
- klik Beranda 
- Cari pilihan KA Lokal 
- Masukan asal Stasiun Yogyakarta dan Tujuan Stasiun Yogyakarta International Airport 
- Pilih tanggal keberangkatan 
- Tekan Cari.

Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal
Pilihan jadwal keberangkatan

Dengar-dengar sebelumnya kereta api tujuan Bandara ini gratis dan tidak dipunyut biaya, namun sekarang kebijakan telah berubah dan harga tiket menjadi IDR 20,000 dan jika memesan melalui KAI Access, teman-teman harus memiliki akun LinkAJA karena pembayaran hanya melalui e-wallet tersebut. Harga yang menurut saya masuk diakal; selain kereta nya bersih, layanan baik dan langsung sampai ke Bandara tanpa harus bersusah payah mengeluarkan tenaga ekstra untuk transport tambahan.


Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal
Bersih, tenang, serta nyaman✨

Untuk jadwal kereta api sendiri bisa dilihat melalui aplikasi KAI Access (benar-benar lengkap) dan waktu itu untuk penerbangan pukul 17.00, saya memilih kereta keberangkatan jam 14.02 dan estimasi waktu sampai pukul 14.41. Agak kecepatan memang, namun karena keberangkatan kereta selanjutnya jam 16.00 sementara penerbangan saya pukul 17.00, saya rasa pilihan yang paling tepat adalah keberangkatan jam 14.02.

Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal
Riwayat dan transaksi pembelian dapat di cek lengkap di Aplikasi KAI ACCESS


Oh iya, untuk kereta api khusus bandara ini tidak berhenti-berhenti alias Direct dari TUGU (YOGYAKARTA) -YIA ya teman-teman. Jadi untuk start awal sendiri hanya bisa melalui Stasiun Tugu. 

Kereta Api Bandara - Yogyakarta International Airport | Rsjournal

Sekian pengalaman saya menggunakan jasa Kereta Api Yogyakarta International Airport. Thank you for visitingg! Jika teman-teman punya pertanyaan bisa langsung melalui kolom komentar ataupun email saya monicasitompul17@gmail.com.
See you❤️



Rs2021

0 komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!♥

Silahkan tinggalkan pesan kalian disini.
Mohon menggunakan akun google/wordpress dan bukan link. Segala bentuk komentar dengan link aktif akan dihapus.