NGAMPUS LIFE: Baru dalam dunia Perkuliahan

Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Jogja Istimewa X St. Antonius Kota Baru

Happy December Everyoneee!!! so excited for christmas, Right?
   Sudah lama sekali nih aku nggak nulis! Maklum lah, sekarang udah bukan bocah SMA lagi. Kuliah, kuliah, kuliah. Emang sih, kata orang kuliah itu santai, dosennya nggak terlalu peduli, ga terlalu banyak tugas, dan datang dan pergi gitu aja. aku emang setuju dengan ini. Tapi masalahnya, gimana kalau ke-santai-an dan keseloan ini jadi bikin kita tambah bego dan makin gak ngurusin kuliah? 

Oh ya, sebelum ngomong lebih banyak, aku mau memperkenalkan jurusanku. Aku ngambil jurusan IBM A.K.A International Business Management Program, atau bisa juga dibilang Manajemen Internasional or Business International (whatever sounds right to you hehe).
   IBMP emang hampir sama dengan jurusan bisnis ataupun manajemen pada umumnya, bedanya IBMP lebih membahas tentang ekonomi secara global, plus only use english language and plus experience to study abroad at least 1 semester. Jurusan ini emang masih jarang di Indonesia dan hanya beberapa universitas aja yang punya prodi ini dan i decided to choose IBMP di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lanjut ke university life, banyak banget hal sepele yang bisa buat kita jungkir balik di dunia perkuliahan; jadi kalau kita nggak me-manage kuliah kita dengan baik, kita bisa aja fail bahkan di semester awal sekaligus. Berikut ini hal-hal yang menurut aku bisa kita alamin di kuliah, baik yang positif maupun negatif.




1. Santai, tapi nggak juga


emang kuliah itu santai. Misalnya nih ya, kamu newbie (kayak aku) dan baru ngambil 19sks, estimasinya itu sekitar 7 makul, dan kamu kuliah nggak full day kayak di SMA ataupun SMP. Kuliah itu cuma dari senin sampai jumat, kecuali kamu punya kelas pengganti di hari sabtu. 7 makul selama seminggu itu dikit gengs. Jadi kita pasti bakalan bisa jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang. Tapiiii, eits, ada tapinya. Walaupun santai, kalau sekali dapet tugas, pasti bikin mumet. Bikin artikel lah, bikin ppt terus di presentasiin lah, survey dll. Dan sekali kamu nggak ngerjain tu tugas ataupun ga dateng pas presentasi, youre dead. Tamat. The end. There's no excuses (tapi tergantung dosennya juga sih, biasanya). Tugas itu merupakan alternatif untuk nambah-nambah point untuk ngejar ip tinggi.


2. Jadilah mahasiswa yang aktif gengss!


Just in case kalo kalian ngalamin kejadian kayak yang no. 1 yaitu nggak kerja tugas atau nggak hadir pas presentasi dsb, langkah nomor 2 ini mungkin bisa membantu. Be active guys! Kalo kamu aktif biasanya dosen bakalan ngasih point tambahan dan itu sangat sangat membantu. I have a funny storyy! Jadi ceritanya ada mata kuliah Macroeconomic dan diampu dosen x. Beliau sangaatttt sangattt kritis dan nanya-nanya tiap hari, yang ga bisa jawab dikasih point minus dan yang bisa jawab dapat plus. Karena aku emang dasarnya pemalas, di awal-awal semester dua aku ga pernah bisa jawab pertanyaan apalagi dapat point tambahan, sumpah aku sampah banget disini. Karena makin lama makin takut dapet C, aku mulai aktif literally di 2 minggu terakhir. SUMPAH GA BOONG, 2 MINGGU TERAKHIR. Tiap dia ngasih pertanyaan aku angkat tangan mulu, dan karena beliau suka saling berdebat dan berargumen sama kayak aku, ya tak jabanin aja hahaha. dan gengs guess what, usahaku di detik-detik terakhir membuahkan hasil. Pas lihat nilai ternyata dapet A HAHAHHAHAAA. Thats the trick guys. Kalo mau nilainya bagus, just be active no matter when.





3. Dapet dosen auto di kampus


Paling beruntung itu kalo dapet dosen yang auto-nilai di kampus. Kamu nggak perlu ngapa-ngapain nilaimu udah pasti dikasih yang bagus. Contohnya nih, ada dosen auto-B atau auto-A di kampus. Jadi biarpun pas ujian nilaimu anjlok, kamu ga bakalan dapet hasil jelek (mis. C atau D) karena dia auto. Asik nggak tuh?





4. Ikut banyak kegiatan kampus


Yap, benar sekali. Di setiap universitas kita pasti disuruh setidaknya mengikuti beberapa kegiatan mahasiswa (aktif) dan mengumpulkan poin. Kalo di UAJY sih disebut spama. Jadi mahasiswa diwajibkan ngumpulin poin spama paling sedikit 60pts sebagai syarat kelulusan. Jadi caranya dapet point adalah dengan ngikutin kegiatan-kegiatan kampus maupun baksos, misalnya ikut retret, pembekalan, donor darah, ikut seminar, berorganisasi maupun ikut lomba. Semua kegiatan itu diupahkan points buat kita kumpul. Kalo aku sih ikut organisasi HMPSM UAJY, masuk divisi DKV. Pokoknya nih gengs, kita harus ngumpulin point itu kalau nggak kelulusan kita bisa tertunda. Ngeri nggak sih?










Yap, jadi baru segitu aja sih yang aku dapet seputaran kuliah, berhubung aku juga masih newbie. Jika kalian merasa punya pengalaman menarik/ tips dalam menjalani kuliah, teman-teman bisa share dibawah sini, saling sharing bersama yaw seputar dunia perkuliahan. Sekian dulu blog akuww, sampai ketemu di artikel selanjutnyaaa!! <3

0 komentar